Tuesday 26 December 2017

Latihan 6. Cara membuat List pada HTML

HTML5 Logo

Techno_Main --- Assalamualaikum Wr. Wb Teman teman semua kembali lagi bersama admin nih dalam artikel pelatihan HTML selanjutnya . Nahh setelah kemarin kita sudah membahas seputar bagaimana caranya input video dan audio pada HTML5 , kali ini kita akan membahas seputar Cara membuat List pada HTML  . Nahh bagaimana sih caranya ? Hmmm mudah kok cukup baca artikel ini anda akan langsung bisa hehe . Yuk langsung saja kita simak caranya di artikel ini.


Latihan 6. Cara membuat List pada HTML

Oke semisal kita ingin membuat list belanjaan pada HTML , pada suatu list pasti di awali dengan angka , huruf maupun simbol simbol di depan konten nya . Nahh hal ini lah yang akan kita praktikan ternyata HTML menyediakan syntax yang di tujukan khusus untuk membuat List loh . 

Oke list pada HTML ini di bagi menjadi 2 yaitu Ordered List  dan Unordered List . Apakah perbedaannya ? dan apakah syntax nya berbeda ? akan di jelaskan pada artikel di bawah ini 

Ordered List

Ordered List adalah list yang berisi daftar daftar yang mengharuskan untuk urut misalkan langkah langkah menjalankan sesuatu , atau urutan ranking di kelas dll. Nah ordered list ini tidak bisa di bolak balik pada urutannya . Jadi Ordered Lit ini biasanya di lambangkan dengan angka , huruf , angka romawi dll.

Untuk syntax nya dapat di lihat pada syntax di bawah ini :

 
Syntax Ordered List



Untuk syntax isi dari list nya ada di bawah ini :

Syntax List


Untuk hasil pada browser akan menjadi seperti ini :

Hasil Browser


Nah hasil untuk di depannya ada angka 1. - 5. nah itu lah yang di maksud list nya , nah disini karena list yang kita buat adalah ordered list , makanya list yang kita buat di set untuk harus urut. Oleh karena itu hasilnya akan berupa angka.



Unordered List

Unordered List adalah List yang di ciptakan untuk list yang tidak harus urut , oleh karena itu hasil yang akan di tampilkan adalah isinya bullets , dan tidak berupa angka . Misalkan jenis belanjaan , jenis buku dll.

Untuk Syntax nya ada di bawah ini :


Syntax Unordered List


Untuk syntax hampir sama dengan ordered list bukan ? namun tag <ol> di ganti dengan <ul> dan hasilnya akan menjadi seperti di bawah ini :

Hasil Unordered



Bagaimana teman teman mudahkan membuat list dengan HTML ? Nah sekian dulu artikel dari saya kali ini semoga bermanfaat bagi teman teman semua yang ingin membuat list dengan HTML . Wassallamualaikum Wr.Wb

Bagikan

Jangan lewatkan

Latihan 6. Cara membuat List pada HTML
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.