Friday 22 December 2017

Latihan 2. Formatting HTML


Assalamualaikum Teman teman semuaaa , kembali lagi bersama saya nih . Oke saya kembali menghadirkan artikel seputar HTML nih. Nah setelah kemarin kita sudah mengenal apakah itu HTML  dan kita sudah mengenal syntax dan aturan penulisan HTML  . Nah kali ini kita akan belajar Tag - tag di dalam HTML dan apa saja kegunaanya nih. Oke tapi sebelum itu apabila ada yang belum mengikuti Latihan yang pertama silahkan klik Link di bawah ini agar kalian paham seputar HTML ini ya.  


Oke ... sekarang kita mulai saja pembelajaran kali ini yaitu Formatting HTML . 

Latihan 2. Formatting HTML

Formatting HTML disini sangat banyak sekali jenis tag tag yang ada dan di gunakan di dalam HTML Di bawah ini adalah contoh beberapa Tag - tag yang sering di gunakan di dalam  HTML.

Tag - Tag Elemen Dasar

  1. <!--DOCTYPE> = Tipe Dokumen
  2. <html> = Tag Utama HTML
  3. <head> = Tag untuk informasi dokumen
  4. <title> = Judul dokumen / halaman
  5. <body> = Body dari dokumen HTML
  6. <h1> sampai <h6> = Headings
  7. <p> = Paragraph
  8. <br> = Single Line Break
  9. <hr> = Horizontal Line
  10. <! -- --> = Komentar di dalam HTML
  11. <b> = Bold
  12. <i> = Italic
  13. <u> = Underline
  14. <sub> = Subscripted text
  15. <sup> = Superscripted text

Contoh Penggunaan Tag - Tag HTML

Oke setelah mengetahui beberapa Tag yang sering digunakan pada HTML , setelah ini akan saya contohkan bagaimana cara menggunakan Tag tag tersebut di dalam HTML.

Di bawah ini akan saya berikan contoh penggunaan Headings (<h1> sampai <h6>) :

Headings ini digunakan untuk mengatur besar kecilnya suatu huruf di dalam HTML . Untuk <h1> adalah ukuran yang paling besar semakin menuju ke <h6> maka ukuran huruf menjadi lebih kecil.

Berikut ini adalah contoh penulisan secara utuh heading dari <h1> sampai <h6>



Bisa di lihat pada kodingan di atas bahwa penggunaan <h1> sampai <h6> yang akan kita contoh kan ini kita letakan di dalam tag <body> ... </body> , karena disitulah isi dari suatu website berada . Bagaimanakah penulisan Tag tersebut ?? 

Penulisan Tag tentu dengan menggunakan Tag pembuka dan penutup dan konten nya kita letakan di tengah . Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini :  


Yups seperti gambar di atas bahwa penggunaan Tag pada HTML harus diawali dengan tag pembuka dan penutup , dan diantaranya diisikan konten / isi yang kita inginkan .

Oke .. Sekarang bagaimana sih hasil dari headings yang telah kita buat tadi dari H1 sampai dengan H6 ??? Oke hasilnya akan bisa muncul apabile kita tampilkan di browser kita .

Jadi untuk bagaimana caranya menjalankan file HTML ini adalah dengan menympan dulu file yang telah kita buat tadi dengan extensi .html , setelah itu lalu klik dua kali pada bagian yang telah tersimpan tadi dan otomatis akan di run di browser anda . 

Oke hasilnya akan menjadi seperti ini :



Nahh bisa kita lihat kan perbedaannya , dari heaidngs 1 sampai headings 6 . Nahh lalu bagaimana nih untuk penggunaan Tag yang lainnya kak ? apakah sama caranya ?? Tentu saja sama . Misal saya kasih contoh lagi kita akan membuat bold di tulisan "Hello World" . Kodingannya akan menjadi seperti ini :


Nahh sama kan tinggal di awali dengan tag <b> Lalu isi konten kita yaitu Hello World , dan di tutup dengan </b> dan hasilnya akan menjadi seperti ini :


Bagaimana tulisan Hello World kita sudah menjadi bold bukan ? Nahh untuk lebih jelasnya nih saya juga menyediakan video yang menyediakan hasil dari semua tag tag di atas yang kita baca sebelumnya nih . Berikut ini Video nya :



Bagaimana teman teman semua sudah paham tentang penggunaan Tag tag di dalam HTML ? Mudah sekali kan ? Nahh sekian dulu Latihan 2 . Formatting HTML ini semoga bermanfaat bagi teman teman semua dan sampai ketemu lagi di postingan lainnya .

Jangan lupa share blog atau artikel ini ke teman teman kalian yaaa ... 

Bagikan

Jangan lewatkan

Latihan 2. Formatting HTML
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.