Thursday 21 December 2017

Latihan 1 . Mengenal Syntax HTML

HTML 5

Latihan 1 . Mengenal Syntax HTML

Assalamualaikum Wr.Wb , sesuai dengan apa yang di sampaikan admin pada postingan sebelumnya rencana admin untuk membuat tutorial dari HTML dari yang paling dasar akan terealisasikan malam ini  ... hehehe . Admin sudah tidak sabar untuk membagi ilmu kepada kalian semua nih .

Bagi teman teman yang belum tau apakah itu HTML mungkin bisa membaca postingan akun admin sebelumnya agar ketika mengikuti tutorial ini kita sudah sama sama paham tentang apa itu HTML.


Oke ... Jika sudah kita langsung saja mulai pembelajaran kita kali ini seputar HTML (Hypertext Markup Language) ini . Pertama kali yang akan kita diskusikan kali ini adalah mengenal Syntax HTML.

Apakah itu Syntax ?

Syntax dapat diartikan sebagai aturan penulisan dalam sebuah bahasa pemograman atau kode tertentu Nahh jadi disini kita akan belajar bagaimana sih aturan penulisan dari HTML ini . Karena seperti yang kita ketahui kalau kita pernah melihat , kode HTML ini tidak hanya langsung di tulis isi / konten yang akan kita masukan tetapi di dampingi dengan kode kode tertentu . Nahhh kode ini lah yang merukan syntax dari HTML tersebut.

Syntax Utuh sebuah HTML

Syntax utuh dari sebuah HTML adalah sebagai berikut :


Penjelasan Syntax HTML :

Oke akan saya jelaskan satu persatu apa maksud dari kode di atas :


  • <!DOCTYPE html> = berarti mendiskripsikan bahwa kode yang kalian buat adalah berjenis html.
  • <html> ... </html> = adalah sebuah tag yang wajib ada di dalam html , jadi semua isi web / konten  yang kalian buat harus berada di antara tag pembuka HTML (<html>) dan tag penutup (</html>). Dapat dilihat pada kode di atas bahwa semua isi dari HTML ada di antara tag pembuka dan penutup HTML.
  • <head> ... </head> = Struktur di dalam HTML kita ibaratkan seperti manusia , dia memiliki kepala dan badan . Nahhh Kode <head> ... </head> ini adalah menandakan bahwa kode yang berada di antaranya merupakan bagian kepala dari HTML .Biasanya bagian kepala ini berisi title (judul dari web/blog/html) , style , javascript , tag meta dll. Jangan lupa setiap tag memiliki pembuka dan penutup , sama halnya dengan tag <head> memiliki penutup </head> . Dan kita akan mengisikan apa apa saja yang ada di kepala HTML kita dengan meletakan di tengah tengah tag pembuka dan penutup.
  • <meta charset = "UTF-8"> = kode yang di gunakan untuk SEO agar performa web kita jadi mudah di identifikasi.
  • <title>...</title> = Berisikan Judul dari website kita . biasanya hasil dari judul kita adalah seperti ini :
       


        Contoh Hasil dari title adalah Techno_Main , kata kata Techno_Main adalah hasil dari Title , jadi kode html dari web saya apabila kita buat adalah seperti berikut : <title> Techno_Main </title>
  • <body> ... </body> = Berisikan isi atau konten dari web kita , kalau ibaratkan dari blog ini maka yang di dalam tag body ini adalah postingan postingan saya .

Dapat kita lihat dari postingan saya sebelumnya , yang saya beri tanda merah merupakan sebuah body jadi kita akan mengetikan semua tulisan tersebut di antara tag body yaitu (<body> .... </body>).


Mulai membuat file HTML

Nahh Setelah itu bagaimana cara membuat File HTML ? dan bagaimana sih cara menjalankannya ? Tenang ... cara nya adalah sebagai berikut :

1. Buka Editor Anda , editor disini ada berbagai macam nya bahkan kalian bisa menggunakan Notepad bawaan dari windows.

Jika ingin tau apa saja Text Editor yang bagus bisa baca artikel di bawah ini :


2.  Ketikan HTML anda sesuai dengan syntax tadi . Misalkan saya beri contoh gambar di bawah ini :


3. lalu simpan file di atas sertakan juga dengan ekstensi .html , seperti contoh gambar di bawah ini :

4. Lalu buka file tersebut di mana berada , lalu kalian klik dua kali file tersebut .Seperti gambar di bawah ini :



5. Maka File html anda akan di munculkan ke browser seperti di bawah ini :



Okayy , seperti itulah aturan syntax dari HTML , dan bagaimana cara membuat dan menjalankan HTML  , bagaimana ? mudah bukan ? Ikuti terus ya Tutorial dari Techno_Main khusus HTML dan baca artikel artikel lainnya juga yaa. Terimakasih

Bagikan

Jangan lewatkan

Latihan 1 . Mengenal Syntax HTML
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

2 komentar

Tulis komentar
avatar
UMR
21 December 2017 at 21:09

Makasih mas sangat membantu :)

Reply
avatar
21 December 2017 at 21:17

Sama sama , senang bisa membantu :))

Reply