Thursday 21 December 2017

PENGERTIAN HTML


Pengertian HTML 

Assalamualaikum wr.wb Haii semua ... kembali lagi bersama admin nih , kali ini kita akan membahas tentang HTML . Mengapa kita akan membahas ini ? Karena di blog ini admin berencana untuk membuat sebuah tutorial pembelajaran HTML mulai dari dasar sampai kalian mampu memahami HTML . Nahh sebagai pembuka atau bisa dikatakan menyambut launching nya tutorial HTML pada web ini maka admin akan membahas terlebih dahulu nih . Apa sih itu HTML ? Kapan sih di gunakan HTML ini . Nahh untuk lebih lanjutnya silahkan baca artikel berikut ini .


Pengenalan HTML

Jika kita mendengar kata HTML , tentu kita sudah tau hmmm ini adalah sebuah singkatan , kalau kalian merasa begitu berarti kalian mempunyai feeling yang kuat . Karena HTML ini merupakan sebuah singkatan , yaitu singkatan dari Hypertext Markup Language. Secara tidak langsung apabila kita pernah bermain blog dan sudah mengotak atik blog tersebut baik template , iklan , maupun apabila kita ingin memposting di sebelah compose pasti adalah HTML. 

Jadi secara tidak langsung kita pernah bersinggungan dengan HTML ini dong ? Kalau kalian seorang blogger jawabannya iya . Oke sekarang berlanjut ke pengertian HTML , Pengertian HTML sendiri adalah sebuah bahasa Markup yang digunakan untuk membangun sebuah website .
Membangun sebuah website dalam hal ini adalah membuat kerangka dari website itu sendiri , misalkan isi konten nya , gambar nya , video nya , audionya dll . 

Ada beberapa pendapat mengatakan HTML ini termasuk kedalam sebuah bahasa pemograman , ada juga yang mengatakan HTML hanya merupakan bahasa markup , bahasa markup sendiri artinya adalah sebuah bahasa yang bersifat deskriptif (masih dapat di mengerti oleh kita) dan di tambah sedikit kode kode tertentu.

Nahh ... bagaimana ? Sudah ada sedikit pandangan tentang HTML ? Sudah tau apa kegunaan dari si HTML ini ? Kalau sudah kita akan lanjut ke bahasan selanjutnya .

Sejarah HTML

Oke .. kita berlanjut ke sejarah singkat mengenai HTML , siapa sih pencipta dari HTML ini ? dan awal kegunaanya untuk apa ya ? Oke akan kita bahas disini . (Source : Wikipedia)

Pada tahun 1960 seorang ahli fisika yang bernama Tim Berners-Lee , yang pada saat itu juga menjabat sebagai kontraktor di CERN (Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir) mengusulkan dan menyusun ENRIQUE , apa itu ENRIQUE ? adalah sebuah sistem untuk ilmuwan CERN dalam membagi dokumen . Sembilan tahun setelahnya , Berners-Lee mengusulkan adanya sistem markah (markup) berbasis Internet. Barners-Lee mulai menspesifikasikan HTML dan menulis jaringan beserta software nya di akhir tahun 1990. 

Pada akhir tahun 1991 , dikeluarkanlah penjelasan pertama yang di bagi untuk umum dari HTML , yang di sebut sebagai "Tanda HTML" . Pertama kali di sebutkan di Internet oleh Berners-Lee . Tanda ini menggambarkan 18 elemen awal mula / versi sederhana dari HTML. Sebelas elemen dari elemen awal tersebut masih ada sampai HTML yang keempat (sebelum HTML 5 saat ini).

Urutan peluncuran tipe tipe HTML :

HTML 2.0 di luncurkan pada tanggal 24 November 1995 dipublikasikan sebagai IETF RFC 1866. HTML 3.2 di publikasikan pada 14 Januari 1997 sebagai Konsorsium World Wide Web.
HTML 4.0 di luncurkan pada tanggal 18 Desember 1997 dipublikasikan sebagai rekomendasi W3C.
HTML 4.01 (minor fixes) pada tanggal 24 Desember 1999
HTML 5 (stabil) atas rekomendasi W3C di luncurkan pada 28Oktober 2014.

Okee bagaimana teman teman ? Sudah paham kah tentang HTML ? , yups artikel ini merupakan awalan untuk menyambut artikel artikel mengenai pembelajaran HTML yang akan saya luncurkan beberapa waktu kedepan . Sekian artikel saya kali ini , jangan lupa untuk membaca artikel artikel saya lainnya yaaa . Terimakasih Support Anda Membangun Kami :))


Bagikan

Jangan lewatkan

PENGERTIAN HTML
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

2 komentar

Tulis komentar
avatar
UMR
21 December 2017 at 21:41

informasi yang menarik dan semakin paham arti HTML

Reply
avatar
21 December 2017 at 23:26

Allhamdulillah ... bisa membantu bersama :)

Reply