Saturday 23 December 2017

10 Aplikasi Text Editor Terbaik untuk Web Development


Assalamualaikum wr.wb , Haii haii kembali lagi bersama admin nih . Nahh ngomong ngomong nih admin kan udh membuka kelas HTML nih . Tapi Hmmm... masih ada yang bingung nih , text editor yang terbaik untuk membuat atau mengotak atik HTML atau membuat sebuah website tuh apa sih ?
Bahkan mungkin masih ada yang bingung text editor itu apa ? Jangan khawatir karena disini kita akan membahas tentang 10 Aplikasi Text Editor Terbaik untuk Web Development  . Oke sebelum itu kunjungi juga artikel artikel admin yang lain nya ya seperti yang di bawah ini nih :

Kunjungi Juga :


Yupss kalau sudah sekarang kita akan mulai saja membahas artikel kita yang satu ini dengan judul 

10 Aplikasi Text Editor Terbaik untuk Web Development

Apakah itu Text Editor 

Okee bagi teman temann yang belum tau nih apakah itu text editor , Text Editor adalah suatu tool ataupun alat yang di gunakan untuk menciptakan atau mengolah sebuah text . Biasanya text editor ini hanya dapat mengotak atik sesuatu berbasis text saja . Nah text editor bawaan windows seperti yang kita ketahui bersama adalah NotePad . 

Tetapi apabila kita menggunakan NotePad nih kita masih saja kesulitan palagi ketika kita memulai sebuah development atau mengkoding . Karena apa ?? di notepad tidak ada fasilitas korektor ketika kita salah ketik atau Typo dan masih banyak kekurangan lainnya . Nahh oleh karena itu saya sarankan kepada kalian untuk menggunakan 10 Aplikasi Text Editor Terbaik untuk Web Development di bawah ini agar pengalaman koding anda menjadi lebih baik.

Oke untuk pengertian sudah , sekarang langsung saja beranjak ke topik utama dari artikel ini kita akan mengetahui 10 Apliksi Text Editor Terbaik untuk Web Development berikut ini :

1. Sublime-Text

Sublime Text Logo
Okay yang pertama nih ada Sublime Text , Menurut saya sebagai pengguna juga Sublime Text memang merupakan aplikasi text editor terbaik yang pernah saya gunakan terutama untuk melakukan sebuah programming Web . Dengan mengandalkan antarmuka yang sederhana namun cantik , dilengkapi dengan fitur yang lengkap dan kinerja aplikasi yang ringan den cepat sangat menunjang anda dalam mengcoding .

Apakah aplikasi Sublime Text  ini berbayar ? Apakah Mahal ? 


Tenang kawan kawan saat ini Sublime Text  tersedia dua versi nih teman teman , yang pertama adalah versi yang gratis dan berbayar . jadi teman teman juga dapat merasakan versi gratis dari aplikasi ini , tentunya dengan fitur yang tidak di batasi dan tetap lengkap nih teman teman.

Sublime Text juga memiliki berbagai macam fitur seperti plugin API , split editing , distraction free mode , goto anything , command pallete dll. Ngomong ngomong masalah plugin API nih kawan kawan anda tidak perlu pusing karena Sublime Text memiliki banyak sekali plugin yang dapat mempermudah anda dalam melakukan koding nih , dan kalian bisa mendownload plugin tersebut di internet dan tentunya gratis .

Bagaimana Anda tertarik untuk menggunakan Sublime Text sebagai editor anda ?

Berikut di bawah ini tampilan dari user interface Sublime Text :

Tampilan Sublime Text



2. Visual Studio Code

Visual Studio code logo

Berlanjut ke text editor selanjutnya yaitu Visual Studio Code , Text editor ini adalah buatan dari Microsoft . Nah apakah keunggulan dari Visual Studio Code  ini ? Design User Interface yang sangat bagus dan responsive serta kemudahan dalam penggunaan text editor ini menjadi keunggulan dari aplikasi ini . Anda juga akan merasakan kenyamanan dalam mengkoding menggunakan Visual Studio Code ini .

Dengan dimanjakan fitur fitur yang sangat user-friendly , serta tampilan user interface yang menarik membuat anda merasa rileks ketika melakukan koding . Selain itu Visual Studio Code juga memiliki banyak plugin baik yang tersedia di Internet maupun yang terdapat di plugins store di dalam aplikasi text editor Visual Studio Code  tersebut .

Apakah Aplikasi ini Berbayar ??

Jawabannya tidak , aplikasi ini tersedia versi gratis nya . Kalian dapat merasakan senasi koding yang elegant serta gratis di dalam Visual Studio Code . Bagaimana , anda tertarik menggunakan Visual Studio Code ? Berikut ini kami sediakan tampilan dari Visual Studio Code :

http://tedoharischandra.blogspot.co.id


 3. NotePad ++

Logo Notepad ++

Kenal NotePad ? NotePad kini hadir dengan ke ++ an nya loh hahaha hanya bercanda , oke menuju aplikasi editor yang selanjutnya adalah NotePad ++ . Seperti yang telah saya bilang tadi ini adalah versi NotePad yang lebih mendukung dalam melakukan koding atau proses development sebuah program terutama program Web .

Tampilan yang sederhana , simple , namun dengan fitur yang powerfull . Selain itu dikenal juga dengan keringanan dari aplikasi ini membuat kita secara cepat dapat membuka aplikasi ini . Apalagi kalau kita terbiasa melakukan kegiatan multi-tasking . Aplikasi ini benar benar cocok deh 
.
Selain itu NotePad++ juga mendukung berbagai bahasa pemograman seperti HTML , CSS , Java , Javascript , PHP , Python , VB , XML , SQL, Ruby , Shell , C , C++ , Assembly dan masih banyak lainnya .

Woww .. Powerful bukan , pertanyaanyya lagi nih Apakah ini gratis ?? Jawabannya tentu saja gratis Nah bagaimana teman teman ? Tertarik menggunakan NotePad++ ? untuk tampilannya terdapat di bawah ini :



4. Atom

Logo Atom Text Editor


Beranjak ke yang ketiga adalah Atom Text Editor, Apakah keunggulan dari aplikasi ini ? Jawabannya sangat banyak , dengan design yang menarik menurut saya (karena dengan menggunaakn flat design ) pada bagian bagian tertentu dam UI nya . Selain itu Atom terdapat pada berbagai platform yaitu OS X , Linux , dan Windows . Karena Atom Text Editor memiliki lisensi open source oleh karena itu aplikasi ini Gratis  tentunya.

Atom dibuat oleh perusahaan GitHub  dan diklaim sebagai editor yang dapat di costumize dengan mengotak atik file konfigurasinya . Sama seperti beberapa text editor sebelumnya Atom ini bersifat modular . Jadi kamu dapat menginstal plugin tambahan yang akan menambah pengalaman koding anda.

Bagaimana ? Tertarik dengan Atom Text Editor ? Berikut tampilan dari Atom Text Editor :

Tampilan Atom

5. Brackets

Logo Brackets

Oke ... selanjutnya kita akan bahas mengenai Brackets Text Editor , Text Editor ini merupakan text editor yang spesial . Mengapa saya sebut spesial ? Karena text editor ini hanya di gunakan untuk keperluan web design dan front-end development  saja . Tapi karena text editor ini sangat fokus ke satu bidang saja , tentunya fitur fitur yang dimiliki dalam hal deisgn dan front-end development sangatlah lengkap dan pastinya akan membantu pengalaman mengkoding anda.

Brackets ini dikembangkan oleh perusahaan design besar yaitu Adobe , aplikasi ini di bangun secara opensource.

Seperti apakah tampilan dari brackets ini ? Ada di bawah ini 

Tampilan Brackets


6. Dreamweaver


Selanjutnya adalah Adobe Dreamweaver , text editor satu ini juga tergolong spesial . Merupakan program penyunting halaman web keluaran Adobe Systems . Dengan fitur WYSIWYG visual (Design View) dan kode editor dengan fitur seperti syntax hightlight , code completion , dan code collapsing serta fitur fitur canggih seperti real-time syntax checking dan code instropection untuk menghasilkan petunjuk kode yang membantu kalian dalam menulis kode.

Pastinya dengan menggunakan Adobe Dreamweaver ini akan mempermudah melakukan pengkodingan anda .Selain itu Dreamweaver juga mensupport banyak sekali bahasa pemograman .

Bagaimana ? Tertarik dengan Dreamweaver ? Berikut ini tampilannya 



 7.  FireBug Text Editor

Firebug Logo



Satu lagi nih aplikasi text editor yang sangat unik , Namanya yaitu Firebug .  Seperti namanya text editor ini memiliki keunggulan yaitu kita dapat mengkoding sekaligus mendebugg dalam satu layar . Wow unik bukan , selain itu kita juga dapat langsung terintegrasi dengan browser Firefox kita ketika kita mengkoding . Jadi langsung bisa mengetahui kodingan kita .

Firebug ini memiliki beberapa kemudahan yaitu membantu kalian dalam memahami layout , melakukan debug , dan log Javascript , mengolah cookie , menganailisis load halaman , memeriksa kesalahan dan kegiatan debugging lainnya .

Firebug ini hanya mendukung bahasa pemograman yang berhubungan dengan web development , seperti HTML , CSS , Javascript

Bagaimana ? Tertarik menggunakan FireBug ? Untuk tampilannya ada di bawah ini ya :  

Tampilan Firebug


8. Ultra Edit

Logo UltraEdit


Selanjutnya adalah text editor dengan nama UltraEdit , merupakan text editor yang juga memiliki fitur yang lengkap serta powerfull . Selain itu UltraEdit dapat di jalankan pada semua sistem operasi seperti Linux , Max Os , dan Windows.

Fitur fitur yang dimiliki oleh UltraEdit antara lain multiline find and replace , unicode support , disk based text editing , large file handling , 64 bit file handling , spell checker dll . Namun aplikasi UltraEdit ini untuk versi gratis nya di batasi fitur fitur nya sheingga apabila ingin menggunakan semua fitur di atas kita harus membeli lisensi nya.

Untuk Tampilan UltraEdit terdapat di bawah ini :

Tampilan UltraEdit



9. ICEcoder

Logo Ice Coder



Kita akan membahas text editor yang unik lagi nih yaitu ICEcoder , hampir sama dengan Firebug yaitu text editor ini berbasi browser yaitu memungkinkan kamu mengkoding langsung di browser dan kita akan langsung tau hasil dari kodingan kita , menarik bukan . Jadi kita mau koding tinggak buka browser saja , tanpa buka aplikasi lain . 

Ice Coder juga mendukung berbagai bahasa pemograman seperti HTML ,CSS , Javascript , PHP , Ruby , dan lain lain .Bagaimana ? Tertarik dengan ICECoder ini ? Untuk tampilannya ada di bawah ini .

Tampilan ICECoder


10. CoffeCup Free HTML Editor

Coffe cup logo

Oke yang terakhir ada COffeCup Free HTML Editor ... hmmm dari nama nya saja kita udah tau bahwa aplikasi ini ada versi free . Selain itu aplikasi ini juga merupakan text editor yang memiliki fitur lengkap serta powerfull . Selain itu terdapat menu Help File yang dapat memandu kamu dalam mengguanakan dan memanfaatkan semua fitur di dalam nya . 

Selain itu terdapat fitur S-Drive CoffeCup , yang merupakan tempat di mana kita dapat meng-upload halaman web kita . Waooow powerfull sekali bukan ... , namun ada beberapa fitur yang dihilangkan pada versi gratis nya , antara lain menu desain CSS dan Upload menggunakan FTP.

Bagaimana ? Tertarik dengan CoffeCup Free HTML Editor ? Ini dia tampilannya :




Okee sampai sini dulu artikel tentang 10 Aplikasi Text Editor Terbaik untuk Web Development  . Terimakasih sudah mengunjungi blog ini . Jangan lupa untuk membaca artikel artikel lainnya ya . 

Bagikan

Jangan lewatkan

10 Aplikasi Text Editor Terbaik untuk Web Development
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.