Saturday 17 December 2016

Macam Macam Jaringan Komputer

Macam Macam Jaringan Komputer

Macam Macam Jaringan Komputer

Jaringan Komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi atau komunikasi sehingga dapat saling bertukar sumber daya seperti Aplikasi , Data , maupun perangkat keras komputer.
Tujuan dibangunnya jaringan komputer adalah agar informasi/ data yang dibawa pengirim (transmitter) dapat sampai kepada penerima (receiver) dengan tepat dan akurat.
Jaringan komputer memungkinkan penggunanya dapat melakukan komunikasi satu dengan yang lain dengan mudahnya.
Macam macam Jaringan Komputer antara lain :

A. Berdasarkan Jangkauan Geografis

1. LAN


LAN (Local Area Networking) adalah suatu jaringan komputer yang mencakup wilayah kecil misalnya sekolah , warnet , kantor dll. LAN pada umumnya memiliki jangkauan luas cuma sampai 1 km persegi saja.
LAN biasanya menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet yang mempunyai kecepatan transfer data sekitar 10, 100, bahkan 1000 MB/s.
Selain Ethernet, tak sedikit juga yang menggunakan teknologi nirkabel seperti Wi-fi untuk jaringan LAN.

2. MAN


MAN (Metropolitan Area Networking) adalah suatu jaringan komputer yang terdiri dari beberapa jaringan LAN yang dijadikan satu . Biasanya mencakup suatu kota dengan kecepatan transfer yang bisa dibilang cukup tinggi.
Jangakauan dari jaringan MAN berkisar 10-50 km. MAN hanya memiliki satu atau dua kabel dan tidak dilengkapi dengan elemen switching yang berfungsi membuat rancangan menjadi lebih simple. 

3. WAN


WAN (Wide Area Networking) adalah suatu jaringan komputer yang sudah mencakup sebuah negara bahkan satu benua. WAN biasanya menghubungkan beberapa jaringan lokal sehingga seseorang dapat berkomunikasi walaupun terletak di tempat yang berbeda.


B. Berdasarkan Peranan Komputer Pada Jaringan


1. Jaringan Client-Server


Jaringan Client-Server adalah sebuah jaringan yang didalamnya terdapat dua macam komputer , yaitu komputer yang bertindak sebagai Client (Yang menerima dan menggunakan sumber daya dari komputer server ) dan Server (Yaitu Komputer yang memeberikan sumber daya kepada komputer Client).

2. Jaringan Peer to peer


Jaringan Peer to peer adalah jaringan yang didalam nya antara komputer client dan komputer server memiliki kedudukan yang sama yaitu server dapat menjadi client dan client dapat menjadi server atau dengan kata lain semua komputer memiliki kedudukan sebagai komputer client dan server.

C. Berdasarkan Media Transmisi Pada Jaringan


1. Jaringan Berkabel (Wired Networking)


Yaitu Jaringan yang menggunakan kabel sebagai media transmisi atau sebagai media berbagi sumber daya antara komputer satu dengan komputer yang lain. Salah satu media transmisi yang digunakan dalam wired network adalah kabel UTP.

2. Jaringan Nirkabel (Wireless Networking)

Yaitu jaringan yang tidak menggunakan kabel sebagai media transmisi nya melainkan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai media transmisi datanya. Wireless adapter, salah satu media transmisi yang digunakan dalam wireless network.

D. Berdasarkan Distribusi data pada Jaringan Komputer


1. Jaringan Terpusat


Yaitu jaringan yang terdiri dari komputer client dan komputer server dimana komputer client bertugas sebagai perantara dalam mengakses sumber informasi/ data yang berasal dari komputer server.
Dalam jaringan terpusat, terdapat istilah dumb terminal (terminal bisu), dimana terminal ini tidak memiliki alat pemroses data.

2. Jaringan Terdistribusi 


Jaringan yang terdiri dari jaringan terpusat sehingga memungkinkan komputer client dan server terhubung membentuk sebuah jaringan dan dapat saling berbagi sumber daya.

 

E. Berdasarkan Topologi Jaringan 

Topologi jaringan komputer merupakan bentuk/ struktur jaringan yang menghubungkan komputer satu dengan yang lain. Untuk Lebih Jelas Mengenai Topologi jaringan silahkan anda membaca artikel saya tentang topologi jaringan.

Sekian Untuk Posting Kali ini , terimakasih semoga bermanfaat . Ingin tau macam macam pengetahuan tentang IT ?? Baca terus Artikel dari Techno_Main ya .
 
 

Bagikan

Jangan lewatkan

Macam Macam Jaringan Komputer
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

3 komentar

Tulis komentar
avatar
10 January 2017 at 21:58

Bermanfaat sekali , Terutama di bidang jarkom . Terimakasih info nya

Reply
avatar
10 January 2017 at 22:13

Terimakasih kak , ikuti terus update update terbaru dari techno_main yaa

Reply