Saturday 10 February 2018

Cara Membersihkan Cache dan File Sampah pada Laptop Anda


Cara Membersihkan Cache dan File Sampah pada Laptop Anda -- Haii haii semua kembali lagi  di Techno_Main nih , kali ini admin akan berbagi tips and trick nih teman teman . Hmm tentang apa sih , dari judulnya kita sudah tau . Yups bagaimana sih caranya menghilangkan cache dan file sampah yang terdapat pada laptop kita.

Mengapa kita perlu menghilangkan nya ? Sebelum menjawab pertanyaan itu saya akan bertanya sedikit tentang pengalaman anda , pernahkah anda merasakan laptop anda menginstall hanya sedikit aplikasi namun memori yang di gunakan sudah penuh ? Laptop anda berjalan lambat dan susah untuk di gunakan ? Naah Cache file dan Junk File yang terlalu banyak dan tidak pernah di hapus bisa menjadi salah satu alasan mengapa laptop anda mengalami hal tadi nih teman - teman . Oleh karena itu lah teman teman harus menghilangkan nya .

Apakah Cache dan Junk File merupakan virus dan berbahaya ? Hmmm ... saya akan mencoba menjawab pertanyaan ini terlebih dahulu nih teman teman , sebenarnya cache dan junk file ini bukan merupakan sebuah virus ya teman teman . So ... Jangan takut ya , Cache merupakan salah satu memori di dalam komputer yang di gunakan sebagai tempat penampungan sementara ketika kita mengeksekusi sebuah program / aplikasi . Jadi Cache ini akan selalu ada di laptop manapun karena cache ini merupakan salah satu memori loh teman teman . Kalau Junk File bagaimana ? biasanya junk file muncul akibat kita sering melakukan install lau menguninstall suatu program secara terus menerus . Sehingga sampah sampah sisa dari aplikasi tersebut masih melekat di laptop anda. 

Jadi masih ragukah kalian untuk membersihkan cache dan junk file ? kalau saya sarankan sih lebih baik bersihkan cache dan junk file ini agar memori di laptop kalian lebih hemat dan lega. Oke langsung saja ke main topic nya , bagaimana sih cara menghilangkan cache dan junk file pada laptop kita ini ? Ada tiga langkah yang dapat kita lakukan untuk membersihkan nya antara lain :


1. Membersihkan dengan menggunakan Aplikasi 



Nahh ... bagi kalian yang tidak ingin repot dan mencari kemudahan dalam membersihkan cache atau junk file di laptop anda , salah satu solusi nya adalah dengan menggunakan aplikasi pembersih nih . Misalkan CCleaner ataupun pembersih yang lainnya . Penggunaan nya yang mudah serta biasanya sudah didukung dengan pembersih yang lengkap dan bukan hanya membersihkan cache loh teman teman . Biasanya aplikasi pembersih juga mendukung untuk membersihkan beberapa memori seperti Cache , Cookies , History , Temporari dan lain - lain yang tentunya akan membuat laptop kalian bersih . 


2. Menggunakan metode Disk Cleanup pada Windows 

Nahh langkah yang kedua adalah menggunakan aplikasi bawaan yang telah di berikan windows oleh kita nih . Namanya adalah Disk Cleanup , kegunaanya untuk apa sih ? Hampir sama dengan aplikasi cleanup yang kita download aplikasi ini di gunakan untuk membersihkan folder temporari pada file manager dan di gunakan untuk membersihkan Cache yang ada di laptop kita . Nah bagaimana sih cara penggunaanya ? Caranya gampang .

Klik tombol Windows + R pada keyboard > Ketik cleanmgr > Lalu akan muncul tampilan di bawah ini .


Lalu pilih Drives yang akan kalian bersihkan bisa C , D atau E . Lalu klik OK dan tunggu proses nya . 

Atau mungkin dengan cara ke dua yaitu :

Klik Menu Start > Program > Accesories > System Tool > Disk Cleanup 

Maka hasilnya akan sama saja , nah bagaimana penggunaanya sangat mudah bukan ? Bisa menjadi alternative anda apabila tidak ingin ribet dalam menginstall suatu aplikasi .



3. Dengan cara masuk ke folder temporary kalian di dalam Windows 

Oke cara yang ketiga adalah dengan masuk ke dalam folder tempat windows menyimpan folder temporary nya lalu menghapus semua folder folder atau file yang ada di sana secara manual . Hal ini bisa dilakukan jika di rasa kalian ingin memilih folder temporary yang penting atau tidak ingin kalian hapus . Ataupun jika anda kurang mantap dengan kedua cara di atas hehehe.

Cara nya cukup mudah dengan hanya klik Windows + R (Memanggil perintah RUN) >> Lalu ketikan %temp% lalu tekan enter.

Lalu anda akan masuk ke dalam sebuah folder yang berisi file - file temporary anda , anda tinggal blok semua folder yang ingin dibersihkan dan hapus secara manual dengan menekan tombol delete .






Bagaimana teman teman ? Cukup mudah bukan ? Ingin mengetahui lebih banyak tentang tips and trick pada laptop ataupun android ? Ingin mengetahui review aplikasi terbaik ? Ingin belajar HTML ataupun mobile programming ? (Cooming Soon) . Disini aja di Techno_Main. 

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara Membersihkan Cache dan File Sampah pada Laptop Anda
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
4 June 2018 at 08:04

Anda mencari Agen Terbaik dan Terpercaya?
RajabandarQ Agen resmi Terbesar dan Terpercaya se Asia,no Hoax no tipu-tipu....Jangan menunda kemenangan Anda boss-boss,hanya butuh 1 ID saja,anda sudah bisa untuk bermain dengan 8 game sepuasnya di sini ??
Tunggu apa lagi,ayo segera daftarkan diri anda sekarang juga!
Jangan lewatkan kesempatan yang ada boss - boss????
Silahkan kunjungi kami di

Contact Us :
BBM : D887A35F
WA : +6281314872594
Line : rajabandarq
Fanspage 1 : RajaBandar99
Fanspage 2 : Raja BandarQ
Link :
RajaBandar99,com
RajaBandar99,net
RajaBandar99,org
RajaBandar99,info

Kami Siap Melayani anda 24 jam Nonstop
#RajaBandar99 #AgenDomino #AgenBandarQ #BandarQ #DominoQQ

Reply