Sunday 29 January 2017

Jenis Jenis Web CMS Terbaik

Jenis Jenis Web CMS

Masih seputar Web CMS kalau artikel sebelumnya membahas tentang pengertian dan kelebihan Web CMS kali ini saya akan membahas tentang macam macam Web CMS . Nah kira kira apakah Web CMS yang sering digunakan ? dan apakah fitur fitur nya ?

Berikut ini beberapa jenis Web CMS yang sering digunakan karena kemudahab dan fitur yang dimilikinya :

1. Wordpress


Wordpress merupakan salah satu web CMS yang paling populer .Wordpress populer karena kemudahan penggunaan dan juga banyaknya plugin yang dapat dipilih .Wordpress memiliki dua layanan , yaitu sebagai layanan blogging gratis melalui wordpress.com dan juga sebagai web cms yang bisa dijalankan melalui layanan web hosting.

Penggunaan Web CMS Wordpress ini tidak terlalu sulit , sama halnya dengan menggunnakan blog pada Wordpress.com.Web CMS Wordpress dapat di download pada Wordpress.org , Namun biasanya layanan CMS populer dapat diinstall langsung dari Web hosting yang menyediakan layanan penginstallan CMS secara langsung. Pengguna yang memilih Wordpress biasanya memilih untuk menjadikan halaman web nya berjenis blog. Namun bisa juga menjadikan web menjadi jenis lain karena Wordpress juga mendukung banyak plugin. 

2. Joomla !




Joomla pertama kali rilis pada tahun 2005 menggunakan bahasa PHP . Sampai dengan Juli 2013 Joomla sudah di download lebih dari 35 juta kali. Hal ini menunjukkan bahwa Joomla merupakan salah satu Web CMS yang populer setelah wordpress , selain itu Joomla juga merupakan Web CMS yang gratis (Open Source). Joomla memiliki ekstensi yang dapat meningkatkan kemampuan sebuah website. Ada lima tipe ekstensi yang dimiliki oleh Joomla antara lain sebagai berikut :
a. Components 
 
Merupakan ekstensi terbesar dan paling kompleks. Components dapat terlihat seperti mini aplikasi. Kebanyakan Components memiliki dua bagian yaitu situs dan administrator.

b. Plug in

Merupakan ekstensi yang maju dan terdepan sehingga dapat emningkatkan kemampuan dari website yang kita buat , misalnya plug in untuk memblokir kalimat kalimat yang tidak baik.
c. Templates

Ekstensi yang mengatur desain dari web yang menggunakan web CMS Joomla . Template ini merupakan style dari website tersebut semakin indah desain dari sebuah website maka akan semakin menarik web yang kita buat.
d. Modules

Ekstensi yang membuat halaman sebuah web menjadi halaman yang fleksibel dan dinamis sehingga dapat meningkatkan kemampuan dari website yang kita buat . Misalnya adalah kotak Search dan login.
e. Languages

Ekstensi yang simpel dan merupakan inti dari semua ekstensi . Pada ekstensi languages ini dapat digunakan informasi fonts untuk PDF atau PSD yang di konversi kedalam Joomla.


3. Drupal



Drupal merupakan salah satu Web CMS yang dirilis tahun 2001 , dan saat ini sekitar 2,1 % website di seluruh dunia menggunakan Drupal. Fitur - fitur yang mendukung drupal antara lain sebagai berikut :
  1. Akses Statistik
  2. Pencarian
  3. Blog,buku,komentar,forum,dan polling.
  4. Cache dan fitur peningkatan dayaguna.
  5. URL deskriptif
  6. Mendukung multi-site
  7. Mendukung multi-user
  8. Profil Pengguna
Drupal juga mendukung modul dan themes untuk meningkkatkan tampilan sebuah website.
  
4. Mediawiki
 
MediaWiki merupakan WebCMS yang dirilis pada tahun 2001 . Salah satu contoh website yang menggunakan WebCMS media Wiki adalah Wikipedia . Kita dapat menggunakan WebCMS MediaWiki dengan mendownload nya dari mediawiki.org dan selanjutnya diinstall pada web hosting.
MediaWiki memiliki ekstensi yang dapat digunakan untuk hal hal berikut :
  • Menambah wiki markup yang digunakan untuk menulis artikel 
  • Menambah kemampuan pelaporan dan administratif
  • Merubah tampilan Website.
  • Menambah keamanan.
Selain memiliki keunggulan di atas mediawiki juga memiliki beberapa keterbatasan antara lain tidak bisa menggunakan WYSIWYG editor (masih mengembangkan visual editor). Mediawiki juga tidak didesain untuk blogging dan forum online walaupun terdapat ekstensi yang mendukung untuk keduanya.
  
5. Prestashop
Berbeda dengan beberapa jenis Web CMS di atas , prestashop merupakan jenis web CMS yang di khususkan untuk membuat web e-commerce. Namun Prestashop memiliki kesamaan dengan web CMS sebelumnya yaitu meupakan web CMS yang gratis ( Open Source). Di dalam prestashop terdapat dukungan gateway untuk pembayaran online antara lain dengan Paypal , DirectPay , Google Checkout , Skrill dan lain-lain. Beberapa sukarelawan berkontribusi untuk penambahan Add-ons 
Ada sekitar 310 fitur yang tersedia di dalam prestashop fitur tersebut terdiri atas manajemen inventaris produk , template , promosi dan analisis , pengaturan promosi , manajemen banyak toko , kurs mata uang , dan manajemen pengembalian. Prestashop juga sudah diterjemahkan dalam 56 negara.

6. SilverStripe

Silverstripe merupakan salah satu Web CMS yang memberikan pilihan editing website yang lebih bagi para pengembang . Selain itu , silverstripe mudah digunakan bagi para penulis konten. Penulisan konten mendukung WYSIWYG , sehingga pengguna yang tak tahu HTML juga dapat menggunakannya. Silverstripe juga baik untuk SEO , sehingga orang orang mudah menemukan website kita. Selain itu , CMS juga mendukung penulis konten untuk menambahkan dan melakukan edit meta data seperti keywords , deskripsi dan gambar ALT serta TITLE.

7. Zenphoto


Zen photo merupakan Web CMS yang fokus pada multimedia website . Fitur CMS ini mendukung gambar , video dan audio. format plugin lainnya yang terintegrasi dengan bagian berita atau blog serta halaman di dalam sebuah website. Zenphoto cocok digunkaan untuk personal website para ilustrator , seniman , desainer , fotografer , pembuat film , serta musisi .

8. Jcow
 
Jcow sedikit berbeda dengan Web CMS lainnya . Jcow merupakan CMS yang ditujukan untuk membuat website jejaring sosial . Jcow ditulis dalam PHP dan memungkinkan penggunanya membuat jejaring sosial. Situs jejaring sosial biasanya dibuat untuk menyediakan tempat bagi orang orang yang memiliki ketertarikan yang sama dan ingin saling mengenal dan sharing. Jcow ada yang digunakan gratis ada juga yang bayar. Salah satu jejaring sosial yang menggunakan Jcow adalah salingsapa.com merupakan situs jejaring sosial buatan anak Indonesia.





Itulah beberapa contoh  Web CMS yang terkenal dan banyak di gunakan , untuk penggunaanya kita bebas memilih karena semuanya memiliki kelebihan dalam bidang masing masing tergantung kita dalam membuat sebuah website ingin menggunakan website tersebut sebagai apa . Sekian artikel dari kami terimakasih karena telah membaca ikuti terus Techno_Main ya.

 









Bagikan

Jangan lewatkan

Jenis Jenis Web CMS Terbaik
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
UMR
21 December 2017 at 21:47

sangat bermanfaat. terima kasih infonyaa

Reply