Friday 17 February 2017

Jenis - jenis E - Commerce

Jenis - jenis E - Commerce

 

Pengertian E - Commerce

Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dengan adanya Internet salah satunya adalah E-Commerce dengan e commerce kita yang sebelumnya berbelanja harus datang ke tempat yang menjual kini kita hanya perlu membuka website e-commerce memilih barang yang kita inginkan , lalu transfer sejumlah uang dan barang akan di antar ke rumah kita tanpa kita harus menuju tempat penjualan barang tersebut . 
Apakah itu E-Commerce ?? , Electronic Commerce (E-Commerce) didefinisikan sebagai proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet.

Perkembangan teknologi informasi terutama internet, merupakan faktor pendorong perkembangan e-commerce. Internet merupakan jaringan global yang menyatukan jaringan komputer di seluruh dunia, sehingga memungkinkan terjalinnya komunikasi dan interaksi antara satu dengan yang lain diseluruh dunia. Dengan menghubungkan jaringan komputer perusahaan dengan internet, perusahaan dapat menjalin hubungan bisnis dengan rekan bisnis atau konsumen secara lebih efisien. Sampai saat ini internet merupakan infrastruktur yang ideal untuk menjalankan e-commerce, sehingga istilah E-Commerce pun menjadi identik dengan menjalankan bisnis di internet.

Namun tahukah anda ternyata terdapat berbagai macam E-Commerce apa sajakah itu , berikut ini adalah jenis jenis E-Commerce 

Jenis jenis E-Commerce


Di bawah ini merupakan beberapa jenis dari e-commerce antara lain :
  • Collaborative Commerce (C-Commerce) yaitu kerjasama secara elektronik antara rekan bisnis . Kerjasama ini biasanya terjadi antara rekan bisnis yg berada pada jalur penyediaan barang. 
  • Bussines to Consumers (B2C) Penjualan adalah suatu organisasi dan pembeli adalah individu.
  • Consumers to Bussines (C2B) Pada jenis ini , konsumen memberitahukan barang atau layanan yg di butuhkan.
  • Consumer to consumer , penjualan barang atau layanan antara individu.
  • Intrabusiness Commerce , untuk meningkatkan kegiatan operasi organisasinya.
  • Goverment to Citizen and to other ,  pemerintah berperan penting dalam penjualan ke pada pembeli yaitu masyarakatnya.
  • Mobile commerce , yaitu proses e commerce dengan menggunakan perangkat mobile.

Kelebihan dan kekurangan E-Commerce


a. Kelebihan

1. Bagi Organisasi
  • Pasar Internasional
  • Penghematan biaya operational (Seperti membuka toko atau mencari tempat berjualan)
  • Kostumisasi massal
  • Berkurangnya kendala inovasi.
2. Bagi Konsumen
  • Akses penuh 24 jam/7 hari.
  • Lebih banyak pilihan.
  • Perbandingan harga
  • Proses pengantaran produk yang inovatif.
3. Bagi Masyarakat
  • Praktek kerja yg lebih fleksibel
  • Terhubungnya masyarakat dg masyarakat lain
  • Kemudahan akses fasilitas publik. 

b. Kekurangan

1. Bagi Organisasi / Perusahaan
  • Keamanan sistem rentan diserang
  • Persaingan tidak sehat
2. Bagi Konsumen
  • Perlunya keahlian komputer
  • Biaya tambahan untuk mengakses internet
  • Biaya peralatan komputer
3. Bagi Masyarakat
  • Berkurangnya Interaksi antar manusia
  • Kesenjangan sosial
  • Sulitnya mengatur internet.


Nahh sekian postingan kali ini semoga bermanfaat bagi kita semua untuk menambah wawasan seputar e-commerce sekian terimakasih.

Bagikan

Jangan lewatkan

Jenis - jenis E - Commerce
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

2 komentar

Tulis komentar