Saturday 20 January 2018

Pengertian Domain dan Hosting

Pengertian Domain dan Hosting


Pengertian Domain dan Hosting - domain dan hosting adalah ? Haii haii teman teman semua kembali lagi bersama admin nih di Techno_Main , kali ini admin akan berbagi artikel tentang Pengertian Domain dan Hosting , Apasih itu domain dan hosting ? Tentunya kalian yang telah memiliki web atau telah membuat sebuah web telah mengetahui nih kedua istilah di atas . Bagi kalian yang belum familiar dengan istilah ini dan ingin membuat sebuah web , kalian wajib untuk membaca artikel ini nih . Karena kalian perlu tau kedua istilah diatas sebelum membuat sebuah website . Penasaran dengan Pengertian Domain dan Hosting ? yuk kita simak artikel berikut ini .


Pengertian Domain dan Hosting

Oke pertama kita akan membahas dulu nih tentang pengertian hosting , apa sih itu hosting ? hosting adalah sebuah tempat atau wadah di mana kita dapat mengelola website yang kita buat , yang di maksud dapat mengelola disini kita dapat melakukan posting di hosting ini , dapat menyimpan gambar ataupun file di dalam website kita melalui hosting ini dll.  hosting secara sederhana dapat dikatakan tempat untuk mengelola website kita . Ibaratkan sebuah blog , blogger atau wikipedia merupakan hosting di dalam website . 

lalu apakah itu domain ? sebelum masuk ke pengertian domain , admin akan menjelaskan sedikit tentang jaringan komputer . Nahh setiap komputer yang tersambung ke dalam jaringan internet (TCP/IP) akan mendapatkan sebuah alamat yaitu IP Address . IP Address ini merupakan deretan angka angka unique yang tentunya susah untuk diingat oleh kita sebagai user . oleh karena itu muncul lah domain . domain adalah nama yang melambangkan IP Address kita sehingga mudah diingat , atau dengan kata lain domain adalah nama dari website yang kita buat . Saya berikan contoh domain itu seperti apa , misalkan saja : tedoharischandra.com nahh itu adalah domain , nama yang melambangkan website kita . 

Atau misalkan di ibaratkan di dalam blog ini juga memiliki domain yaitu tedoharischandra.blogspot.co.id  , nahh itu lah yang dinamakan domain dari sebuah website maupun blog . 

Bagaimana sudah paham dengan Pengertian Domain dan Hosting ? Mudah bukan dalam membedakan Domain dan Hosting ? 


Jenis jenis Domain

Oke admin akan sedikit memberikan bonus kepada kalian tentang jenis - jenis domain  , ternyata domain banyak jenis nya loh , apa sajakah itu ? kita simak yuk artikel di bawah ini :

Domain di bagi menjadi beberapa jenis antara lain :

1. Domain Top Level 

Domain ini memiliki letak berada di belakang pas dari nama domain kita , misalkan contoh : tedoharischandra.com (.com merupakan Domain Top Level)

2. Domain Second Level

Domain ini memiliki posisi yaitu di belakang Domain Top Level , semisal contoh : tedoharischandra.blogspot.co.id (.id dianggap domain second level disini karena terletak di belakang .co sebagai domain top levelnya) .

3. Lower Level Domain 

Domain ini di sebut juga sebagai sub domain , contoh nya seperti ini : website1.tedoharisc.com (website1 merupakan contoh subdomain) . 



Nahh macam - macam domain berdasarkan letak / posisi di suatu negara di bagi menjadi 2 yaitu :


1. Domain Global Top Level Domain  (GTLD)

Dari namanya saja yaitu global top level domain , berarti domain yang paling teratas ? maksudnya teratas ini adalah yang paling banyak di gunakan atau populer . Jadi Pengertian Domain GTLD adalah domain yang banyak di gunakan di seluruh dunia atau bersifat global (bukan terbatas atau merujuk pada suatu negara tertentu) . Contohnya : .com , .net , .org , .info , .gov , .ac dll .

2. Domain Country Code Top Level Domain (CCTLD)

Domain CCTLD adalah domain yang merujuk ke salah satu negara tertentu (tidak bersifat global dan hanya digunakan untuk negara tersebut) . Untuk Indonesia menggunakan ekstensi .id sebagai CCTLD nya . Contoh Domain CCTLD yang lain yaitu : .au (Australia) , .my (Malaysia) , .sg (Singapore) dan lain lain . 

Bagikan

Jangan lewatkan

Pengertian Domain dan Hosting
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.