Saturday 6 January 2018

5 Aplikasi Web Server Open Source Terbaik




Haii teman teman kembali lagi bersama saya di Techno_Main , kali ini admin akan membahas seputar 5 Aplikasi Web Server Open Source Terbaik  versi Techno_Main . Oke sebelumnya ada baiknya kita tahu nih apa sih web server itu ? dan apakah sih kegunaanya ? Apakah ada hubungannya dengan kita apabila ingin ngoding sebuah web ? Oke pertanyaan itu akan admin jawab  pertanyaan tersbut pada penjelasan di bawah ini.

Apakah itu Web Server dan Apakah Kegunaannya ? Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data yang memiliki fungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada web Browser kita .

Apakah ada hubungannya dengan kita apabila ingin ngoding sebuah web ? Tentu ada , mengapa ? kita beri contoh saja misalkan kita akan mengkoding web dengan bahasa pemograman PHP , dengan menggunakan aplikasi Web Server kita dapat memunculkan PHP ke dalam web browser kita tanpa perlu menginstall PHP pada laptop kita dan masih banyak kasus kasus koding web yang lain , memiliki hubungan dengan aplikasi Web Server ini . Intinya aplikasi Web Server ini Wajib digunakan untuk kalian yang ingin ngoding web .  
Nahh bagaimana penjelasannya ? sudah cukup paham bukan ? Oke kalau begitu langsung saja kita bahas 5 Aplikasi Web Server Open Source Terbaik  versi Techno_Main . 


 1. XAMPP

 

Aplikasi Web Server yang pertama adalah XAMPP , aplikasi ini di develop oleh perusahaan Apache Friends . Aplikasi ini adalah aplikasi web server open source . Aplikasi ini merupakan aplikasi web server yang memiliki fitur Cross-Platform , yaitu dapat di gunakan pada beberapa platform operating system seperti Windows , MAC OS , Linux dan dapat di gunakan secara optimal pada oerating system tersebut . Jadi tidak mengganggu performa dari aplikasi ini ketika kalian membuka dari operating system apapun . 

Selain itu aplikasi ini juga memiliki beberapa server yang bersifat cross - platform , seperti Server Application (Apache (A)) , Database (MariaDB (M)) , Scripting Languages (PHP (P)) , Perl (P) . Jadi bukan hanya digunakan sebagai.



2. WAMP Server

 

   

WAMP merupakan aplikasi web server yang diguakan khusus untuk windows . Aplikasi ini digunakan sebagai web server yang di gunakan dalam pembuatan aplikasi berbasis web yang memungkinkan pengguna membuat web statis maupun dinamis dengan menggunakan PHP , MySQL , dan Apache . Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi paket yang terdiri dari PHP , MySQL dan Apache yang langsung terinstall pada komputer anda .

Untuk penggunaan aplikasi ini hampir sama dengan XAMPP , namun aplikasi ini khusus di gunakan untuk platform Windows.




3. Apache HTTP Web Server


Apache Web Server merupakan salah satu aplikasi web server yang terkenal di dunia , dimana di kembangkan oleh perusahaan Apache Software Foundation . Apache Web server ini merupakan aplikasi web server open source yang gratis untuk di donwload dan dapat di jalankan di hampir semua sistem operasi , baik linux , Windows ,  MAC OS X ,  maupun Free BSD .

Web server ini cukup populer , tercatat saat ini hampir 60 % domain web menggunakan aplikasi ini . Keunggulan dari aplikasi ini adalah memberikan pengguna berupa keamanan yang terjamin pada HTTP , sesuai dengan peraturan yang berlaku bagi HTTP jadi sangatlah aman.



4. NGINX Web Server



Nginx Web Server adalah juga merupakan salah satu web server yang terkenal di dunia , terbukti dengan dipakai nya aplikasi ini pada 6% dari domain web di dunia . Aplikasi ini sangatlah ringan dan mampu menangani reverse proxy maupun proxy IMAP / POP3 . Nginx juga dapat di jalankan di berbagai sistem operasi seperti Windows , MAC OS , Linux , BSD , Unix , maupun Solaris . Aplikasi ini juga digunakan oleh berbagai situs profile terkemuka seperti Netflix ,  Hulu , Pinterest , WordPress , dan Airbnb .



5. Lighttpd Web Server




Yups kita sampai di aplikasi kelima yaitu Lighttpd Web Server , aplikasi ini merupakan aplikasi web server tercepat di banding aplikasi web server yang lainnya . Tak jarang beberapa orang menyebutnya dengan Lighty , karena cepat . Aplikasi ini dirancang dengan keunggulan kecepatan , keamanan , fleksibilitas dan seusuai dengan standart yang ada .

Aplikasi ini khusus dirancang untuk System Operasi UNIX / LINUX , dan Windows . 



Nahh bagaimana ? Sudah paham kan ? Apakah ada rencana menggunakan 5 aplikasi di atas ? Terimakasih telah membaca artikel ini semoga bermanfaat . Dan baca artikel artikel lainnya ya Terimakasih.

Bagikan

Jangan lewatkan

5 Aplikasi Web Server Open Source Terbaik
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.