Saturday 30 December 2017

Macam - macam Siklus instruksi CPU

Macam macam Siklus Instruksi CPU


Halo teman teman semua kembali lagi bersama saya di Techno_Main  , nah kali ini admin akan berbagi ilmu lagi nih . Setelah kemarin admin telah membagikan artikel seputar Komponen Komponen yang ada di CPU ( Struktur di dalam CPU )  || Kunjungi Artikel || 

Nahh kemarin sempat admin singgung sekilas nih seputar Siklus instruksi di dalam CPU (Kalau tidak percaya baca artikel nya saja hehe) Nahh kali ini admin akan membahas lebih jauh nih seputar hal ini . Nahh langsung saja yuk kita bahas seputar Siklus instruksi di dalam CPU 

Macam - macam siklus instruksi CPU

Siklus instruksi di dalam CPU terdiri dari dua siklus antara lain Siklus Fetch (Pembacaan Instruksi) dan Siklus Execute (Pengeksekusian / Pelaksanaan Instruksi) . Untuk lebih jelasnya dapat di jelaskan pada diagram di bawah ini :

Diagram Siklus instruksi CPU


Nahh kurang lebih seperti itulah fungsi kinerja dari siklus instruksi CPU .  Pada setiap siklus instruksi tersebut , CPU awalnya akan membaca instruksi dari memori . Terdapat register di dalam CPU yang berfungsi untuk mengawasi dan menghitung instruksi selanjutnya , register tersebut bernama Program Counter (PC) . PC akan menambah satu hitungannya setiap kali CPU membaca instruksi . Instruksi - instruksi yang di baca akan di buat di dalam register instruksi (IR) 

Instruksi instruksi ini dalam bentuk kode kode biner yang dapat diinterpretasikan oleh CPU kemudian dilakukan aksi yang diperlukan . Nahh aksi aksi CPU yang di maksud disini antara lain :

  1. CPU --> Memori , yaitu perpindahan data dari CPU ke memori dan sebaliknya.
  2. CPU --> I/O , perpindahan data dari CPU ke modul I/O dan sebaliknya.
  3. Pengolahan Data , CPU membentuk sejumlah operasi aritmatika dan logika terhadap data.
  4. Kontrol , merupakan instruksi untuk pengontrolan fungsi atau kerja . Misalnya insnstruksi pengubahan urutan eksekusi.
Untuk diagram dari siklus instruksi yang menjelaskan proses proses di atas dapat dilihat pada diagram berikut ini :

Gambar Diagram Siklus Instruksi


Keterangan dari siklus siklus instruksi tersebut antara lain :

  • IAC (Instruction Address Calculation) , yaitu mengkalkulasi atau menentukan alamat instruksi berikutnya yang akan dieksekusi . 
  • IF (Instruction Fetch) , yaitu membaca atau pengambil instruksi dari lokasi memori tersebut ke CPU.
  • IOD (Instruction Operation Decoding) , yaitu menganalisa instruksi untuk menentukan jenis operasi yang akan di bentuk dan operand yang akan di gunakan.
  • OAC (Operand Address Calculation) , yaitu menentukan alamat operand , hal ini dilakukan apabila melibatkan referensi operand pada memori.
  • OF (Operand Fetch) , yaitu berfungsi sebagai pengambil operand dari memori atau dari modul I/O
  • DO (Data Operation) , berfungsi untuk membentuk operasi yang di perintahkan dalam instruksi.
  • OS (Operand Store) , OS disini bukan operating system loh ya melainkan Operand Store . yaitu memiliki fungsi untuk menyimpan hasil eksekusi ke dalam sebuah memori.


Nahh bagaimana penjelasannya ?? sudah pahamkan dengan penjelasan siklus siklus instruksi pada CPU . Sekian artikel Techno_Main kali ini terimakasih sudah membaca , saksikan juga artikel artikel Techno_Main  lainnya di bawah ini ya . 

Bagikan

Jangan lewatkan

Macam - macam Siklus instruksi CPU
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.