Friday 29 December 2017

Struktur CPU

Wallpaper CPU


Techno_Main -- Assalamualaikum Wr.Wb teman teman semua , kembali lagi dalam artikel Techno_Main nahh kali ini admin akan berbagi tentang apa sih Struktur CPU itu ? Seperti yang kita ketahui CPU (Central Processing Unit) merupakan otak dari komputer / laptop yang kita punya . Nahh tapi teman teman pasti belum tau nih di dalam CPU ada apa aja sih ? Struktur CPU itu apa saja sih ? nahh oke langsung saja kita bahas yuk Struktur CPU .

Struktur CPU

Sebelum ke CPU kita perlu mengenal terlebih dahulu nih apa sih sebenarnya CPU itu dan apakah sih fungsi nya oke kita langsung bahas saja 

Pengertian dan Fungsi CPU

CPU (Central Processing Unit) merupakan komponen yang paling penting di dalam sistem komputer 
Dengan kata lain CPU adalah sebuah komponen yang mengatur seluruh jalannya komputer . Nahh untuk menjalankan seluruh kerja dari sebuah komputer maka CPU terdiri dari berbagai komponen yang menunjang seluruh kinerja komputer .

Fungsi dari CPU

  1. Menjalankan program - program yang disimpan dalam memori utama dengan cara emngambil instruksi instruksi , menguji instruksi tersebut dan mengeksekusi instruksi tersebut secara urut sesuai alur perintah.
  2. Sudut pandang yang paling sederhana dari sebuah proses eksekusi program adalah dengan mengambil pengolahan instruksi yang terdiri dari dua langkah kerja , antara lain : operasi fetch (pembacaan instruksi) dan operasi execute (pelaksanaan instruksi).


Komponen komponen di dalam CPU

Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya bahwa untuk mengatur seluruh kinerja dari sistem komputer di dalam CPU terdapat beberapa komponen yang memiliki peranan yang sangat penting , komponen komponen yang terdapat di dalam CPU tersebut antara lain :

1. Arithmetic and Logic Unit (ALU)

Komponen yang pertama yaitu ALU , memiliki fungsi yaitu membentuk fungsi fungsi di dalam pengolahan data sebuah komputer . Biasanya fungsi fungsi yang di lakukan adalah berhubungan dengan operasi Aritmatika dan operasi Logika . ALU sering disebut sebagai mesin bahasa (machine language) karena bagian ini mengerjakan instruksi instruksi bahasa mesin yang di berikan kepadanya.

Seperti istilahnya ALU terdapat dua bagian yaitu unit Aritmatika dan Logika (Boolean) . Yang masing masing memiliki tugas dengan spesifikasi yang berbeda.


2. Control Unit (CU)

Komponen selanjutnya yaitu CU yaitu bertugas sebagai pengontrol secara keseluruhan kerja dari komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen komponen dalam menjalankan fungsi fungsi operasi yang di berikan .

Mengambil instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut juga merupakan tanggung jawab (tugas) dari Control Unit (CU) ini.


3. Registers

Merupakan media penyimpanan internal CPU yang digunakan pada saat proses pengolahan sebuah data. Namun memori ini bersifat sementara , biasanya hanya di gunakan untuk menyimpan data saat diolah ataupun data untuk pemgolahan selanjutnya.


4. CPU Interconnections

Yang di maksud CPU Interconnections disini adalah sebuah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal dan bus - bus eksternal dari CPU (bus yang berada di luar CPU).

Jenis jenis komponen internal CPU antara lain ALU , Unit Control , dan register register

Jenis jenis komponen eksternal CPU antara lain sistem lainnya , seperti memori utama , piranti masukan / keluaran.



Nahh tadi adalah penjelasan tentang Komponen komponen di dalam CPU ( Struktur CPU ) . Terimakasih sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat . Jangan lupa untuk membaca artikel artikel lainnya di dalam Techno_Main  ya . Wassalamualaikum Wr.Wb.

Bagikan

Jangan lewatkan

Struktur CPU
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.