Saturday 17 December 2016

Apakah itu Root pada Android , Keuntungan dan Kerugian

Apakah itu Root pada Android , Keuntungan dan Kerugian


Seiring perkembangan jaman kemajuan teknologi mengalami perkembangan pesat antara lain yang saat ini sedang booming di semua kalangan adalah android , ya salah satu OS (Operating system) pada smartphone ini sangat populer di kalangan pengguna smartphone saat ini. Namun android memiliki beberapa kebijakan salah satunya harus mengunduh aplikasi dengan market online , atau aplikasi yang selalu kita install langsung masuk ke memori internal dsn beberapa aplikasi tidak bisa di pindah pada memori eksternal. Nahh Hal ini menimbulkan kerugian bagi pengguna smartphone sendiri , Bagaimanakah cara mengatasinya ?? Yaitu dengan Root .
Apakah itu Root ?? Apakah kerugian dan keuntungan yang kita peroleh dengan root ??

Pengertian Root


Root adalah proses mengijinkan untuk pengguna peranti dengan operating system android agar mendapat kontrol yang lebih tinggi pada berbagi subsistem android .
Proses melakukan root ini dilakukan untuk mendapatkan hak akses lebih tinggi yang dibatasi oleh pabrik perangkat lunak pada beberapa piranti. Oleh karena itu, proses ini akan memberikan keleluasaan (atau hak akses) untuk mengganti aplikasi sistem dan pengaturannya, menjalankan aplikasi khusus yang membutuhkan izin administrator, atau menjalankan operasi lainnya yang tidak dapat dilakukan oleh pengguna Android biasa. Pada Android, proses melakukan root juga membantu penghapusan dan pengganti sistem operasi piranti secara penuh, umumnya dengan rilis terbaru dari sistem operasi tersebut.Selain itu kita dapat menyimpan aplikasi hasil installan kita pada memori eksternal sehingga dapat mengosongkan memori internal kita yang penuh tentunya.

Keuntungan Root Android

  1. Akses tak terbatas pada sistem operasi Android dimana user dengan hak akses root dapat dengan leluasa melakukan perubahan apapun bagaikan developernya.
  2. Dapat menghapus aplikasi bawaan vendor yang tidak diinginkan pengguna ataupun menambah aplikasi yang diinginkan pengguna.
  3. Aplikasi yang kita unduh dapat kita pindahkan pada memori eksternal dan user memiliki hak akses penuh atas instalasi dari aplikasi sendiri.
  4. Kontrol penuh dari CPU dan kernel sehingga pengguna dapat melakukan Overclock prosesor perangkat Android sehingga kinerja ponsel menjadi lebih maksimal.
  5. Pengendalian aplikasi lengkap, termasuk melakukan backup aplikasi dan sistem, pemulihan sistem, sehingga ketika ingin melakukan instal ulang atau factory reset, pengguna tidak perlu mencari dan mengunduh lagi.

Kerugian Root Android

  1. Menghilangkan / membatalkan garansi produk perangkat Android. 
  2. Penyalahgunaan hak akses root dapat menyebabkan malfungsi pada perangkat Android.
  3. Tweaking yang berlebihan dapat menurunkan kinerja sistem Android
Nahh seperti itulah pengetahuan seputar root dengan mempertimbangkan keuntungan dan kerugian di atas sobat bisa memilih untuk melakukan root atau tidak , walaupun android memang diijinkan melakuakn root karena open source namun alangkah lebih baiknya kalau kita mempertimbangkan dulu dari keuntungan dan kerugian di atas.

Terimakasih sekian posting dari Techno_Main kali ini semoga postingan ini bermanfaat , temukan pengetahuan seputar dunia IT di Techno_Main . Nantikan postingan kami selanjutnya :)).

Bagikan

Jangan lewatkan

Apakah itu Root pada Android , Keuntungan dan Kerugian
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

3 komentar

Tulis komentar
avatar
10 January 2017 at 20:10

Baru tau ada istilah root sangat membantu menambah wawasan sekali menarik

Reply
avatar
10 January 2017 at 22:11

Terimakasih kak ikuti terus update update terbaru dari techno_main ya

Reply
avatar
UMR
21 December 2017 at 21:33

terima kasih kak dapat informasi baru (y)

Reply