Friday 5 May 2017

Mengenal Linear Layout dan Relative Layout

Mengenal Linear Layout dan Relative Layout

Haii haii Techno_Main kembali lagi nih , kali ini Techno_Main akan membahas tentang Layout , Nahh disini pasti tau Layout kan ? Layout adalah tata letak . Nahh kali ini kita akan membahas 2 Layout yang sangat penting dan sering digunakan apabila anda membuat Aplikasi Android. Nahh Langsung saja kita simak penjelasannya .
  1. Linear Layout


Vertical dan Horizontal Linear Layout Image
Vertical dan Horizontal Linear Layout || Source : https://www.codeproject.com

Nahh Yang pertama kita akan membahas tentang Linear Layout . Nahh apakah itu Linear Layout ? Linear Layout adalah jenis layout dimana user menempatkan 1 objek (widget) per baris/kolom.
Jadi di dalam setiap baris/kolom hanya ada 1 objek (widget) yang kita tempatkan . Nahh di Linear Layout ini ada dua jenis . Yaitu :
  • Vertical Linear Layout : Apabila user menempatkan 1 widget (objek) per baris
  • Horizontal Linear Layout : Apabila user menempatkan 1 objek per kolom
Nahh Lalu bagaimana cara membuat kode XML Linear Layout ini ?? Mudah saja yaitu dengan cara membuat kode seperti berikut :




Nahh maka dari kode tersebut maka akan menghasilkan tampilan :




Contoh Linear Layout


Nahh dari kode di atas kita membuat tulisan Hello World dan mengatur nya agar linearlayout dengan gambar yang kita tambahkan. Nahh seperti itulah tatanan dari Linear layout.
Linear layout memiliki pengaturan default yaitu Horizontal Linear Layout apabila kita ingin mengatur agar aplikasi kita memiliki Vertical Linear Layout dapat digunakan script seperti di bawah ini :




Nahh Seperti itulah Linear Layout di dalam XML .

2. Relative Layout




Relative Layout Image



Relative Layout || Source : https://www.codeproject.com
 
Nahh setelah kita bahas linear layout sekarang kita bahas Relative Layout , Apakah itu Relative Layout ??? Relative Layout adalah layout yang penataan nya ini adalah penataan yang menempatkan widget-widget didalamnya seperti layer, sehingga sebuah widget dapat berada di atas/di bawah widget lainnya atau dengan kata lain Relative merupakan layout yang penataannya lebih bebas (Relative) sehingga bisa di tata di mana saja.
Nahh Lalu bagaimana cara membuat kode XML Relative Layout ini ?? Mudah saja yaitu dengan cara membuat kode seperti berikut :




Nahh maka dari kode tersebut maka akan menghasilkan tampilan seperti di bawah ini :





Relative Layout




Nahh dari kode di atas kita membuat tulisan Hello World dan mengatur nya agar Relative layout dengan gambar yang kita tambahkan. Nahh seperti itulah tatanan dari Relative layout.
Ada banyak sekali command command untuk mengatur di dalam Relative Layout antara lain yaitu layout_below , allignParrentBottom , allignParrentTop dll.
Jadi intinya kita dapat secara bebas mengatur objek objek yang kita tempatkan apabila kita menggunakan Relative Layout.

Sekian Postingan kali ini tentang Linear dan Relative Layout , Bagaimana ? sudah paham kan ??? Ikuti terus postingan dari saya yaaa. Terimkasih :D

Bagikan

Jangan lewatkan

Mengenal Linear Layout dan Relative Layout
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.