Monday 17 April 2017

Jenis - jenis Kode Komunikasi

Jenis - jenis Kode Komunikasi

Jenis - jenis Kode Komunikasi - Tidak dipungkiri komunikasi merupakan salah satu hal terpenting di dalam kehidupan manusia . Komunikasi dapat dilakukan oleh manusia dengan manusia lainnya , namun ternyata alat komunikasi yang kita pakai juga melakukan komunikasi sama sepeerti manusia . Hal ini karena alat komunikasi yang dipakai manusia mengikuti penggunanya , Apabila penggunanya melakukan komunikasi dengan media alat komunikasi maka secara otomatis alat komunikasi tersebut juga melakukan komunikasi . Alat komunikasi dalam melakukan komunikasi membutuhkan standart atau kode kode yang telah disepakati oleh International . Nahhh apa sajakah kode atau standart dalam komunikasi tersebut ??? Techno_Main punya jawabannya secara lengkap di bawah ini :

Jenis jenis Kode Komunikasi


1. BAUDOT CODE :


Kode ini diciptakan oleh Emile Baudot merupakan karakter set pendahulu dari EBCDIC dan ASCII . Dan itu adalah pendahulu kepada International Telegraph Alphabet No 2 (ITA2), teleprinter kode digunakan sampai datangnya dari ASCII. Pada tahun 1901 Baudot Code dimodifikasi oleh Donald Murray (1865-1945), diminta oleh perkembangan nya dari keyboard seperti mesin tik. Sistem Murray digunakan langkah menengah, sebuah keyboard perforator, yang memungkinkan operator untuk pukulan tape kertas, dan pemancar tape untuk mengirim pesan dari pita meninju. 

Ciri - ciri Baudot Code :
  1. Merupakan kode Telex
  2. Terdiri dari 5 Digit untuk mengkodekan setiap karakter.
  3. Karakter / kode ini digunakan pada peralatan telex , teletype dll.
Tabel Baudot :
 
 Tabel Baudot

2. ASCII (American Standart Code for Information Interchange)


Kode ASCII diciptakan oleh American National Standards Institute (ANSI). Kode ini merupakan kode standar Amerika untuk Pertukaran Informasi juga merupakan suatu standar internasional dalam kode huruf dan simbol seperti Hex dan Unicode . Akan tetapi ASCII lebih bersifat universal, contohnya 124 adalah untuk karakter "|". Ia selalu digunakan oleh komputer dan alat komunikasi lain untuk menunjukkan teks. Kode ASCII sebenarnya memiliki komposisi bilangan biner sebanyak 8 bit. 
Ciri - Ciri kode ASCII :
  1. Terdiri dari 7 Digit untuk mengkodekan setiap karakter.
  2. Memiliki kombinasi sejumlah 2^7
  3. Kode ASCII di tandai dengan LSB (b0) dan MSB (b6)
  4. Rangkaian kode ASCII : b0,b1,b2,b3,b4,b5,b6.
  5. Kode ASCII sering digunakan untuk transmisi data secara serial , Bit pertama yang ditransmisikan adalah bit LSB (b0).
Tabel Kode ASCII :
ASCII Tabel

 3. EBCDIC (Extended Kode Biner Desimal Interchange Code) 


EBCDIC adalah merupakan pengkodean karakter yang digunakan pada Product IBM (Operating System nya ) seperti z / OS , OS/390 ,VM dan VSE , serta IBM komputer seperti OS/400 , dan i5/OS. Hal ini juga digunakan pada platform non- IBM seperti Fujitsu - Siemens ' BS2000/OSD , HP MPE / ix , dan UnisysMCP .
Ciri - ciri EBCDIC :
  1. Terdiri dari 8 bit / digit
  2. Kode ini digunakan secara khusus oleh IBM dan peralatan lain yang kompatibel dengan IBM , seperti dijelaskan di atas.
  3. Memiliki LSB dan MSB sama halnya dengan kode ASCII.
  4. Dimulai dari b0 sebagai LSB dan diakhiri dengan b7 sebagai MSB.
  5. Memiliki Kombinasi 2^8 .
Tabel Kode EBCDIC :
Kode EBCDIC
Nahhh itulah beberapa jenis jenis kode di dalam komunikasi semoga bermanfaat , tunggu artikel artikel menarik dari Techno_Main selanjutnya.

Bagikan

Jangan lewatkan

Jenis - jenis Kode Komunikasi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
UMR
21 December 2017 at 21:57

terima kasih kak informasinya sangat menambah wawasan

Reply