Sunday 2 April 2017

JENIS JENIS GERBANG LOGIKA


Jenis Jenis Gerbang Logika

Jenis jenis gerbang logika – Gerbang Logika atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Logic Gate adalah dasar pembentuk Sistem Elektronika Digital yang berfungsi untuk mengubah satu atau beberapa Input (masukan) menjadi sebuah sinyal Output (Keluaran) Logis. Gerbang Logika beroperasi berdasarkan sistem bilangan biner yaitu bilangan yang hanya memiliki 2 kode simbol yakni 0 dan 1 dengan menggunakan Teori Aljabar Boolean.

Gerbang Logika yang diterapkan dalam Sistem Elektronika Digital pada dasarnya menggunakan Komponen-komponen Elektronika seperti Integrated Circuit (IC), Dioda, Transistor, Relay, Optik maupun Elemen Mekanikal.

JENIS JENIS GERBANG LOGIKA :


berikut di bawah ini merupakan contoh contoh dari gerbang logika :

1. Gerbang AND

    Rangkaian AND adalah gerbang yang hasil outputnya merupakan hasil perkalian dari Inputnya , rangkaian AND dinyatakan sebagai Y = A*B , dan output rangkaian Y menjadi "1" hanya ketika kedua input A dan B bernilai "1" , dan output Y bernilai "0" apabila input A dan B salah satunya ada yang bernilai "0".

Tabel Kebenaran dari AND adalah :


AND
A
B
Y
0
0
0
0
1
0
1
0
0
1
1
1








Gambar gerbang logika AND :

 

2. Gerbang OR :

    Gerbang OR adalah gerbang logika yang outputnya merupakan hasil penjumlahan dari input inputnya . Rangkaian OR dinyatakan dalam Y = A + B , dan output rangkaian Y menjadi "0" hanya ketika kedua input A dan B bernilai "0" , dan Y menjadi "1" ketika nilai A dan B salah satunya ada yang bernilai "1".
Tabel Kebenaran dari OR adalah :

OR
A
B
Y
0
0
0
0
1
1
1
0
1
1
1
1

 Gambar Gerbang Logika OR :



 3. Gerbang NOT :

     Rangkaian NOT juga dikenal sebagai inverter dan dinyatakan sebagai Y = A' . Nilai output Y merupakan negasi dari nilai input A. Jika input A bernilai "1" , maka nilai output Y menajdi "0" demikian sebaliknya .

Tabel Kebenaran dari NOT :


NOT
A
Y
0
1
1
0

Gambar gerbang Logika NOT :


4. Gerbang NOR (NOT OR) :

     Rangkaian NOR dinyatakan dalam Y = invers (A+B) , dan output rangkaian Y menjadi 1 ketika kedua input A dan B bernilai "0" , dan output Y menjadi "0" untuk nilai - nilai input yang lain .

Tabel Kebenaran NOR : 

NOR
ABY
001
100
010
110

Gambar gerbang logika NOR :


5. Gerbang NAND (NOT AND) :

     Rangkaian NAND dinyatakan sebagai Y = invers (A.B) dan ooutput bernilai 0 ketika kedua inputa A dan B bernilai "1", dan "0" untuk nilai yang lain.

Tabel Kebenaran NAND adalah :


NAND
ABY
001
101
011
110


Gambar Gerbang Logika NAND :



6. Gerbang EXCLUSIVE-OR :

    Exclusive-OR dinyatakan dalam Y= A.B+A.B  , atau disederhanakan menjadi Y =  Output menjadi "0" ketika input A dan B pada level yang sama , dan output Y menjadi bernilai "1" ketika kedua input mempunyai level yang berbeda.

Tabel Kebenaran Gerbang EXCLUSIVE-OR :

EX-OR
ABY
000
101
011
110

Gambar gerbang logika Exclusive-Or :


 7. Gerbang EXCLUSIVE-NOR :


    Gerbang X-NOR akan menghasilkan Keluaran (Output) Logika 1 jika semua Masukan atau Inputnya bernilai Logika yang sama dan akan menghasilkan Keluaran (Output) Logika 0 jika semua Masukan atau Inputnya bernilai Logika yang berbeda. Hal ini merupakan kebalikan dari Gerbang X-OR (Exclusive OR).

Gambar gerbang logika EX-NOR :

 
Tabel Kebenaran Gerbang Logika EX-NOR :

EX-NOR
A B Y
0 0 1
1 0 0
0 1 0
1 1 1

Bagikan

Jangan lewatkan

JENIS JENIS GERBANG LOGIKA
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.